Kaliper Rem yang Sangat Berguna

Tanpa onderdil mobil kaliper rem, sistem pengereman mobil akan tidak fungsi. Begitulah daya kaliper rem yang vital bagi segala mobil merek TOYOTA, CHEVROLET, NISSAN, HYUNDAI KIA dan lain lainnya. Komponen kendaraan ini bergabung dengan bantalan rem bersama sehingga keduanya akan melakukan kontak dengan permukaan rem rotor untuk memperlambat mobil atau menghentikannya sepenuhnya. Mari belajar lebih banyak tentang kaliper rem!

Onderdil Sistem Rem

Untuk memahami pentingnya kaliper rem, kita harus terbiasa dengan persyaratan teknis dan komponen lain yang relevan yang terdiri dari sistem pengereman mobil.

Onderdil Rem cakram
Mayoritas mobil saat ini mengandung rem cakram tapi hanya di roda depan biasanya. Meski, beberapa kendaraan juga memiliki rem cakram di bagian belakang. Pada sistem rem ini, roda terhubung ke rotor atau cakram yang tersusun dari logam. Sementara itu, caliper rem terlihat seperti penjepit di atas rotor.

Spare part Bantalan rem
Melihat caliper, dua piring terbuat dari logam yang terhubung ke bahan tertentu yang memulai gesekan. Istilah yang tepat untuk pelat logam ini adalah bantalan rem. Ada dua jenis bantalan rem: tempel dan inboard. Tentunya, bantalan rem tempel terletak di luar rotor. Mereka menghadapi trotoar. Inboard bantalan rem berada di dalam rotor, menghadap mobil.
Begitu pedal rem dikompres, cairan silinder master membuat tekanan hidrolik di piston caliper. Bagian dari proses ini memaksa bantalan rem untuk melakukan kontak dengan rotor. Bahan gesekan bantalan begitu kuat sehingga benar-benar dapat mempengaruhi gerakan rotor. Karena rotor terhubung ke roda, dinamikanya diikuti oleh yang terakhir sepanjang waktu. Untuk mobil yang berfungsi, tidak mungkin rotor dan roda tidak bekerja bersamaan.

Suku cadang Rem drum
Jenis sistem rem ini hanya ditemukan pada model kendaraan lama. Ini berisi drum berputar dengan sepatu rem di dalamnya. Dua komponen spare part ini dalam sistem rem drum membuat gesekan untuk memperlambat roda. Gesekan mereka mengumpulkan gas dan panas ke dalam drum, sehingga rem memudar atau kehilangan tenaga untuk mengerem mobil. Itu sebabnya rem drum tidak digunakan pada mobil baru.
Rem cakram lebih bisa diandalkan daripada sistem drum karena bantalan remnya tidak terkandung di dalam interior logam. Bantalan rem harus berventilasi untuk menghindari akumulasi panas yang cepat. Rem drum masih bisa digunakan saat ini asalkan berada di belakang. Roda belakang tidak perlu terlalu banyak pengereman.

Jenis spare part Kaliper Rem

Kaliper rem memiliki dua tipe utama yaitu floating dan fixed. Floating juga bisa disebut slip kaliper. Simak persamaan dan perbedaan kaliper rem apung dan tetap:

Spare part Kaliper Rem Terapung

Gerakan kaliper rem mengambang adalah gerak masuk dan keluar. Jenis kaliper rem ini hanya memiliki maksimal dua piston di sisi dalam rotor. Piston memampatkan seluruh caliper setelah Anda menginjak pedal rem, sehingga terjadi gesekan pada setiap sisi rotor berkat bantalan rem.
Kaliper remah tetap

Kaliper rem mengambang adalah kebalikan total dari fixed. Sementara kaliper mengambang mengikuti gerakan tertentu, yang tetap tidak bergerak sama sekali. Kaliper tetap juga memiliki piston mereka di sisi dalam dan luar rotor. Kelemahan untuk jenis caliper rem ini adalah biaya piston. Beberapa kaliper tetap mengandung lebih dari dua piston di kedua sisi. Sebuah rotor sebenarnya bisa memiliki selusin piston yang mengelilinginya, hanya jika pemilik mobil bisa menangani tanggungan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*